[Produk Segara Safety ]

Toko Safety Di Glodok

Segara Safety

Toko Safety Di Glodok

Toko Safety Di Glodok

Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jakarta, secara resmi bernama Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau DKI Jakarta. Adalah merupakan ibu kota negara dan kota terbesar Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota Indonesia yang memiliki status yang setingkat provinsi. Jakarta terletak pada pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah memiliki beberapa nama panggilan lain yaitu Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Pada mata dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena teranggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Jakarta memiliki luas sekitar 664,01 km² (lautan: 6.977,5 km²). Menurut dari data Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa penduduk DKI Jakarta pada tahun 2020 telah mencapai 11.100.929 jiwa. BPS juga menyebutkan bahwa penduduk wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) kini telah mencapai 28 juta jiwa. Angka tersebut mencatatkan bahwa DKI Jakarta merupakan metropolitan terbesar  Asia Tenggara, bahkan tercatat menempati urutan kedua dunia.

Nama “Jakarta” sendiri merupakan kependekan dari kata Jayakarta. Kata ini dari Bahasa dewanggari atau nama dari Bahasa Sanskerta, pemberian dari orang-orang Demak dan Cirebon. Yang saat itu masih terpimpin oleh Fatahillah (Faletehan) paska berhasil menduduki pelabuhan Sunda Kelapa pada tanggal 22 Juni 1527 dari Portugis.

Jakarta Sebagai Pusat Perekonomian

Jakarta terkenal sebagai daerah pusat dari semua hal yang ada pada Indonesia. Sangat mudah menjumpai berbagai hal yang belum pernah anda ketahui. Jakarta memiliki semua sektor yang ada pada Indonesia.

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta terlayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta tiga pelabuhan laut Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol.

Jakarta merupakan kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Saat ini, lebih dari 70% uang negara beredarpada daerah itu.Perekonomian Jakarta terutama tertunjang oleh sektor perdagangan, jasa, properti, industri kreatif, dan keuangan. Beberapa sentra perdagangan Jakarta yang menjadi tempat perputaran uang cukup besar adalah kawasan Tanah Abang dan Glodok. Kedua kawasan ini masing-masing menjadi pusat perdagangan tekstil serta dengan sirkulasi ke seluruh Indonesia.

Bahkan untuk barang tekstil dari Tanah Abang, banyak pula yang menjadi komoditas ekspor. Sedangkan untuk sektor keuangan, yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian Jakarta adalah industri perbankan dan pasar modal.

Daerah Sentra Perdagangan Jakarta

Daerah Glodok adalah kelurahan yang terletak pada Kecamatan Taman Sari, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.Memiliki mayoritas warga Glodok merupakan warga keturunan Tionghoa, termasuk Tionghoa Jakarta. Pada saat kini Glodok terkenal sebagai salah satu sentra penjualan elektronik daerah Jakarta, Indonesia. Secara administratif, daerah ini merupakan kelurahan yang termasuk dalam wilayah kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Selain sebagai tempat sentra penjualan alat elektronik, daerah Glodok juga terkenal dengan tempat yang menyediakan alat perlindungan diri. Alat Perlindungan Diri atau APD dengan berbagai jenis dan model yang memiliki banyak kegunaan bisa anda temukan. Salah satunya adalah Segara Safety.

Mengenal Alat perlindungan Diri

Alat pelindung diri (APD) adalah perlengkapan khusus saat bekerja untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja. Beberapa pekerjaan yang berisiko tinggi mewajibkan petugas atau pekerja mengenakan alat pelindung diri. Penggunaan alat pelindung diri berbeda untuk setiap orang, tergantung dengan pekerjaannya.

Alat pelindung diri merupakan perlengkapan wajib penggunaannya demi melindungi pekerja dari bahaya cedera atau penyakit serius yang berkaitan dengan pekerjaan. Alat pelindung diri memiliki desain khusus yang bisa menyessuaikan dengan jenis pekerjaan. Misalnya saja, APD untuk pekerj laboratorium tentu berbeda dengan APD pekerja konstruksi.

Jenis Alat Pelindung Diri

Memilih alat perlindungan diri juga tidak boleh asal asalan. Perlengkapan alat pelindung diri harus sesuai dengan standar dan syarat yang berlaku, seperti bersih, pas, dan nyaman dikenakan oleh pekerja. Selain itu, alat pelindung diri harus ganti secara berkala jika sudah tidak berfungsi baik dan habis batas waktu pemakaiannya.

Pemerintah sudah sepakat mewajibkan pemakaian APD ini melalui Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Selanjutnya akan ada penjelasan tentang beberapa alat perlindungan diri. Semua alat yang tersebutkan sudah tersedia pada Segara Safety. Berikut ini jenis-jenis alat pelindung diri beserta fungsinya:

Alat Pelindung Kepala ( Safety Helmet )

Perlengkapan ini memiliki fungsi untuk melindungi kepala dari pukulan, benturan, atau cedera kepala karena kejatuhan benda keras. Alat pelindung kepala juga melindungi kepala dari radiasi panas, api, percikan bahan kimia, maupun suhu ekstrem. Jenis alat pelindung kepala yaitu helm safety, topi atau tudung kepala, dan pelindung rambut.

Alat Pelindung Mata ( Safety Glassess)

Memiliki fungsi untuk melindungi mata dari bahaya paparan bahan kimia, seperti amonium nitrat, gas, dan partikel yang melayang melalui udara atau air, percikan benda kecil, panas, atau uap. Alat pending mata yang umum penggunannya yaitu kacamata khusus atau spectacles dan goggles.

Alat Pelindung Telinga ( Ear Plug & Ear Muff )

Sumbat telinga (ear plug) atau penutup telinga (ear muff) adalah jenis dari alat pelindung telinga yang biasa banyak pengunannya. Fungsinya untuk melindungi telinga dari kebisingan atau tekanan oleh bising terus-menerus atau dentuman alat keras. Seseorang yang bekerja pada sektor industry sangat paham akan hal ini.

Alat Pelindung Saluran Pernapasan ( Safety Mask )

Memiliki fungsi untuk melindungi organ pernapasan dengan menyalurkan udara bersih atau menyaring zat atau benda berbahaya. Contohnya seperti mikroorganisme (virus, bakteri, dan jamur), debu, kabut, uap, asap, dan gas kimia tertentu. Dengan mengenakan alat pelindung saluran pernapasan ini, zat asing tidak terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis alat pelindung saluran pernapasan :

– Masker

– Respirator

– Tabung atau cartridge khusus untuk menyalurkan oksigen

– Tangki selam dan regulator, untuk pekerja di dalam air

Alat Pelindung Tangan ( Safety Gloves )

Sarung tangan adalah jenis alat pelindung khusus untuk melindungi bagian tangan. Biasanya sarung tangan ini terbuat dari material khusus, tergantung pada kebutuhan dan pekerjaan. Ada yang terbuat dari logam, kulit, kanvas, kain, karet, atau bahan khusus untuk melindungi tangan dari zat kimia tertentu.

Alat Pelindung Kaki (Safety Shoes & Safety Boot )

Kaki juga harus terlindungi dari benturan atau tertimpa berat. Juga harus menghindari kemungkinan tertusuk benda tajam, terkena cairan panas atau dingin dan bahan kimia berbahaya. Belum lagi terpeleset karena permukaan lantai yang licin. Jenis biasanya berupa sepatu karet (boots) dan safety shoes.

Pakaian Pelindung ( Safety Wear )

Alat pelindung diri ini berfungsi melindungi tubuh dari suhu panas atau dingin yang ekstrim. Paparan api dan benda panas, percikan bahan kimia, uap panas, benturan yang berbahaya. Juga melindungi dari radiasi, gigitan atau sengatan binatang, serta infeksi virus, jamur, dan bakteri. Biasanya menggunakan pengamanan berupa rompi (vests), celemek (apron atau coveralls), jaket, dan pakaian terusan (one piece coverall).

Sabuk dan Tali Keselamatan ( Safety Belt )

Sabuk tali keselamatan biasanya untuk membatasi gerakan pekerja supaya tidak jatuh atau terlepas dari posisi aman. Alat ini untuk pekerja yang aktivitasnya pada ketinggian kerang dari dua meter ataupun dalam ruangan yang sempit di bawah tanah.

Pelampung ( Ring Buoy )

Pekerja yang memiliki aktivitas pada permukaan air memerlukan alat pelindung diri ini supaya bisa mengambang dan tidak tenggelam. Biasanya sering mengguakan pelampung jenis life jacket atau life vest.

Segara Safety adalah toko safety di Glodok yang menyediakan segala macam alat perlindungan diri. Bukan hanya menyediakan alat perlindungan diri atau perlengkapan safety saja, Segara Safety juga sangat menjamin barang yang tersedia.

Segara Safety terletak pada Jalan Hayam Wuruk No.127, Gedung LTC Glodok Lantai Gf 1, Blok B 9, No  9, Tamansari, Jakarta Barat. Kunjungi segera saat anda mencari tempat toko safety di Glodok. Segara Safety siap melayani anda dan memenuhi semua kebutuhan perlengkapan safety anda.

Tag: ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,